Menteri Asman Tantang Kejakasaan Ciptakan WBK/WBBM

By Admin

nusakini.com--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur meminta Jaksa Agung HM Prasetyo agar tahun depan mengirimkan perwakilan Kejaksaan Negeri dari setiap Kejaksaan Tinggi untuk diikutkan dalam kompetisi inovasi pelayanan publik serta pemilihan unit kerja sebagai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). 

Hal itu dilatar belakangi dari hasil evaluasi pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM tahun 2017 ini, belum ada unit kerja yang ditetapkan sebagai WBK. "Kita ada kompetisi kompetisi inovasi pelayanan publik dan pemilihan Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani tiap tahun. Coba setiap provinsi ambil contoh 2 atau 3 Kejari, entah Kejari mana, jadikan model," ujar Menteri Asman, di Jakarta, Kamis (14/12). 

Menteri Asman cukup senang saat melihat inovasi pelayanan publik yang dipamerkan. Menurutnya, inovasi itu harus ditularkan ke instansi atau unit kerja lainnya. Ia pun memberikan contoh, di Australia, setiap unit kerja diharuskan untuk membuat satu inovasi per tahun. "Kalau sudah punya prestasi, ditularkan ke yang lain. Ciptakan contoh unit kerja di lingkungan kita," tegasnya di depan Korps Adhyaksa tersebut. 

Asman juga berharap agar sistem pemerintahan di Indonesia ini lebih terbuka terhadap masyarakat. Hal itu bisa dilakukan dengan cara mengubah cara kerja, cara pandang, dan cara memanaj Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai dari rekrutmen para abdi negara. "Itu arah reformasi kita, memperbaiki input, sistem rekrutmen ASN. Saya harus kawal sistem rekrutmen ini," imbuhnya. 

Dalam kunjungan ke pameran kejaksaan itu, Menteri Asman didampingi oleh Deputi bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Rini Widyantini.(p/ab)